3/06/2019

Mengunjungi Snoopy World, Mengunjungi Diri Kita di Masa Lalu


Beberapa waktu lalu, tepatnya saat Chinese New Year, saya, pesex (panggilan kesayangan tetangga sebelah), dan Titin (sohibnya pesex), menonton pertunjukan kembang api di Tsim Sha Shui. Pertunjukannya dimulai jam 7 malam, tapi kami berangkat jam 4-an karena ingin mendapat tempat yang pas untuk melihat.

Sesampainya di sana ternyata sudah banyak orang yang antri dan duduk mencari tempat. Tapi rupanya keberuntungan masih berpihak pada kami, karena kami mendapat tempat kosong yang strategis dan ditambah dua orang Cina di depan kami ramah dan baik. Kami bahkan saling bercengkerama, berbagi beberan tempat duduk dan berbagi cemilan yang kami bawa.

Selagi menunggu, kami berbincang-bincang dan ngoceh sana-sini. Sesekali menoleh kiri-kanan dan belakang untuk melihat orang-orang yang mulai berdatangan. Hingga akhirnya di tengah penantian itu, Titin tiba-tiba berseloroh bahwa kami sedang menonton layar tancap. Mendengarnya sontak saja kami langsung tertawa. Tapi memang benar, kondisinya sangat mirip seperti menonton layar tancap jaman bahuela.

Selorohan Titin merambah pada drama Wiro Sableng, Kera Sakti, Angling Darma dan Mak Lampir. Ditambah pula tentang tipi hitam putih milik tetangga yang untuk menghidupkannya harus memakai aki. Tak berhenti sampai di situ, bahasan berlanjut tentang permainan bongkar pasang, gedrik, nekeran, kaus kaki basah yang kemudian jadi bolong, berangkat sekolah sepatu dikalungkan di leher, pulang sekolah manjat pohon jambu milik tetangga yang baru berbuah dan berbagai keusilan-keusilan lainnya. Entah kenapa ya, hal-hal sepele di masa lalu itu menyenangkan sekali ketika kini dibicarakan. Kami menceritakannya dengan hati yang bahagia. Walau masa kecil kami sangat pahit, tapi ternyata manis saat sudah menjadi kenangan.

Mengingat tentang kenangan, di Hong Kong ada satu tempat permainan yang ketika sampeyan mengunjunginya, sampeyan akan merasa sedang nostalgia. Tempat itu namanya Snoopy World.



Snoopy sendiri adalah tokoh fiksi berupa anjing beagle peliharaan Charlie Brown dalam strip komik peanuts karya Charles M. Schulz. Awalnya Snoopy hanya digambarkan sebagai anjing biasa, tapi perlahan-lahan, Snoopy dijadikan karakter yang bisa berbicara, (melalui balon teks yang menginterpretasikan apa yang sedang dipikirkannya, sehingga nampak bisa berkomunikasi.

Sebenarnya saya dan anak lain yang lahir di tahun 90-an, adalah generasinya Tom and Jerry. Tapi saya sedikit banyak tahu tentang komik Snoopy, dan ketika mengingat Snoopy, secara spontan saya langsung teringat pada Tom and Jerry beserta hal-hal yang ada di masa lalu. Hinga akhirnya, mengingat Snoopy berarti mengingat diri saya di masa lalu. (Agak maksa ya hihi, tapi emang kayak gitu kok :D)



Di Snoopy wolrd Hong Kong ini, ada satu patung yang menonjol dan paling besar. Yakni patung Snoopy berukuran 5,5 x 3,3 yang bubuk manis di atas atap pintu masuk. Selain patung itu, ada patung-patung lainnya yang berjumlah 60 patung berwarna-warni di dalam area permainan ini.



Snoopy World ini berada di lantai tiga New Town Plaza, jantungnya Shatin. Jika kita datangnya dari arah mall, maka kita akan langsung disambut dengan tiang-tiang warna hijau yang ada patung snoopy di atasnya dan juga tanaman berbentuk tulisan ''Snoopy Wolrd'' disamping pintu masuk.

Setelah masuk lewat pintu utama, kita bisa melihat rak beserta tumpukan buku yang ada di kiri kita. Sedang di bagian kanan, tampak Charlie Brown sedang santai sambil menonton TV.



Selain patung-patung, ada juga arena permainan yang asyik  diperuntukkan buat pengunjung. Yakni baseball playground, bus sekolah berwarna kuning yang besar, peanut boulevard, snoopy wedding house, dan canal ride (naek perahu).



Selain itu ada kota bangunan-bangunan yang menyerupai kota mini, atau juga disebut mini town yang lengkap dengan keberadaan post office, bank, dan snoopy theatre.





Selain dekat dengan mall, Snoopy world ini juga dekat dengan perpustakaan Shatin, tenda putih yang bawahnya dibuat lesehan, gedung untuk menonton pertunjukan opera, taman Shatin yang luas, dan gak jauh juga dari Lek Yuen Bridge.

Lokasi tepat Snoopy World ini ada di:
Lantai 3 Shatin New Town Plaza, New Territories Hong Kong. MTR to station, exit A.
Jam bukanya mulai jam 11 pagi sampai 7 malam. Untuk naik perahu jam bukanya mulai jam 12 pagi sampai jam 6 malam.


Kalau misalnya sampeyan hendak kesana dan bingung rutenya. Sampeyan naek saja MTR Turun di Shatin exit A. Dari sana, sampeyan jalan lurus saja ke depan dan cari pintu keluar. Atau kalau bingung, tanya pada petugas yang duduk di beberapa sudut. :)

*Yesi Armand Sha, HK 6 Maret 2019.





No comments:

Post a Comment

YESI ARMAND © 2019 | BY RUMAH ES